- Menjelaskan pekerjaan kantor dengan lebih cepat
- Mengurangi kebutuhan akan staff dalam jumlah besar
- Memerlukan sedikit tempat untuk menyimpan data
- Beberapa orang dapat memperbarui data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
1. Dampak Terhadap Pekerja dan Pekerjaan
Pengangguran adalah dampak dari kemajuan teknologi. Kinerja pegawai meningkat karena teknologi. Teknologi dapat menyebabkan pengangguran dan menciptakan pekerjaan baru.
Misalnya saja telpon jarak jauh tidak membutuhkan operator, namun pegawai perusahaan telekomunikasi meningkat karena jumlah telpon yang harus ditangani meningkat.
- Angkatan kerja wanita
Wanita yang bekerja terus meningkat. Namun posisi wanita masih belum sama dengan pria.
- Pekerja professional dan teknis
Meningkatnya permintaan barang dan jasa karena pertambahan penduduk dan pendapatan membutuhkan banyak pekerja professional dan teknis.
- Manajer dan administrator
Manajer terlatih dibutuhkan untuk program penelitian dan pengembangan serta membuat keputusan dengan teknologi. 60% pekerja tidak secara langsung memproduksi barang. Rasio manajer dan buruh adalah 5:7.
- Pegawai administrasi
Pegawai administrasi adalah posisi yang semakin meningkat, karena meningkatnya industry jasa dan mereka tidak terkena dampak dari otomatisasi.
2. Dampak Terhadap Pendidikan dan Pelatihan Pegawai
Perubahan struktur pekerjaan menyebabkan permintaan terhadap pegawai yang tampil terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada perusahaan yang menggunakan otomatisasi, harus ada hubungan antara sekolah, industry dan pemerintah untuk persyaratan kerja masa depan.
Adanya berbagai jenis pekerjaan, maka dibutuhkan pelatihan di berbagai tingkat pendidikan.
Pegawai harus mengetahui rencana manajemen dan dampak dari otomatisasi terhadap jenis pekerjaan yang tersedia dalam perusahaan. Untuk mengembangkan ketrampilan pegawai maka bisa diadakan pelatihan.
3. Dampak Terhadap Manajemen Menengah
Manajemen menegah dalam perusahaan mencakup berbagai pekerjaan yang berbeda dengan perusahaan lain. Manajemen menengah terdiri dari semua manajer yang berada di bawah tingkat pengambilan kebijakan.
Dalam perusahaan manajer kantor administrative masuk kategori manajemen menengah.
Dengan adanya komputer ternyata pekerjaan manajemen menengah tidak berkurang dengan alasan:
- Keputusan manajerial pada tingkat ini terlalu jauh dari analisis mekanik.
- Adanya peralatan otomatisasi yang membuat pekerjaan menjadi lebih cepat tidak berarti bahwa peralatan tersebut akan berguna. Mesin otomatisasi bekerja optimal untuk pekerjaan yang rutin, yang berbeda dengan masalah yang dihadapi manajer.
4. Dampak Terhadap Operasi Perusahaan
Dampak otomatisasi akibat dari penerapan otomatisasi perkantoran menggantikan tenaga manusia ke tenaga mesin. Yaitu sesuatu yang biasa terjadi yang bisa disamakan dengan penggantian tenaga kerja yang satu oleh lainnya.
Apabila setiap perubahan dalam lingkungan kerja mengakibatkan perubahan sikap para karyawan, maka manajer kantor harus senantiasa menanamkan pengertian pada karyawan tentang arti penting dari perubahan-perubahan tersebut.